Setiap agama pasti memiliki kitab suci. Islam memiliki al-Qur'an yang dijadikan sebagai pedoman hidup bagi setiap muslim di seluruh penjuru dunia. Setiap tanggal 17 Ramadhan pasti selalu dikenang dan diperingati Nuzul al-Qur'an (turunnya al-Qur'an), yang didasarkan pada QS. al-Baqarah (2) : 185. Turunnya al-Qur'an juga dinyatakan dalam QS. al-Qadar (97) : 1-5 pada malam Lailah al-Qadar.

Tetapi pertanyaan yang terkadan
g terlontar adalah anjuran malam Lailatul Qadar yang dikutip dari beberapa hadis dan pendapat para ulama adalah sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan, tetapi ternyata al-Qur'an turun pada malam Lailatul Qadar yang ternyata adalah tanggal 17 Ramadhan. Memang ada beberapa perbedaan pendapat tentang turunnya al-Qur'an yang pertama kali. Ada yang berpendapat pada tanggal 23 Ramadhan. Pendapat terakhir bila dikaitkan dengan sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan agaknya sedikit benar, apalagi bertepatan dengan hari ganjil.

Pendapat yang lain adalah bahwa Nuzul al-Qur'an diperingati tanggal 17 Ramadhan berkaitan dengan turunnya wahyu pertama yakni QS. al-'Alaq (96) : 1-5 di Gua Hira, ketika Nabi Muhammad SAW pertamakali berkontemplasi pada usia 41 tahun. Sedangkan pernyataan bahwa al-Qur'an turun pada Lailatul Qadar adalah al-Qur'an secara keseluruhan dari Lauh Mahfudz ke Bait al-'Izzah (QS. al-Buruj (85) : 21-22), sebelum diturunkan berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad SAW mellui malaikat Jibril.

Wallah a'lam. Semoga di bulan Ramadhan ini, ketika kita memasuki sepuluh hari terakhir bisa mendapatkan Lailah al-Qadar yang merupakan rahasia Allah.

Posted by alminist note On 11.42 No comments
Comments
0 Comments

0 comments:

Posting Komentar

  • Facebook
  • Twitter
  • Youtube
  • RSS
  • Delicious
  • Digg
  • Linkedin

    Download

    download[4]

    Alih Bahasa

    Pengunjung

    Statistik Pengunjung