Nuzulul Qur'an dan Lailatul Qadar


Setiap agama pasti memiliki kitab suci. Islam memiliki al-Qur'an, yang dijadikan sebagai pedoman hidup bagi setiap muslim di seluruh penjuru dunia. Perbincangan seputar al-Quran, apalagi ketika bulan Ramadhan tiba, akan mengerucut pada kapan al-Qur'an diturunkan pertama kali. Tanggal 17 Ramadhan dan tanggal 23 Ramadhn merupakan dua tanggal yang mendapat perhatian utama tentang kapan tepatnya al-Qur'an diturunkan. Lazimnya, ayat al-Qur'an yang dijadikan sebagai dasar adalah QS. al-Baqarah (2) : 185 dan QS. al-Qadar (97) : 1-5. Momentum tentang turunnya al-Qur'an selalu diperingati oleh umat Muslim sebagai Nuzul al-Qur'an (turunnya al-Qur'an).


Momentum lain yang cukup penting di dalam bulan Ramadhan adalah malam Lailah al-Qadar. Sebagaimana dikutip dalam beberapa hadis dan pendapat para ulama, bahwa malam Lailah al-Qadar jatuh pada sepuluh hari terakhir di bulan Ramadhan. Dan berdasarkan QS. al-Qadar (97) : 1-5, al-Qur'an diturunkan pada malam tersebut. Pendapat para ulama hadis mengerucut pada tanggal 23 Ramadhan dengan argumentasi 10 hari terakhir di bulan Ramadhan dan tanggal ganjil.


Pendapat yang lain menyatakan bahwa, Nuzul al-Qur'an diperingati tanggal 17 Ramadhan berkaitan dengan turunnya wahyu pertama yakni QS. al-'Alaq (96) : 1-5 di Gua Hira, ketika Nabi Muhammad SAW pertama kali berkontemplasi pada usia 41 tahun. Sedangkan pernyataan bahwa al-Qur'an turun pada Lailah al-Qadar adalah al-Qur'an secara keseluruhan dari Lauh Mahfudz ke Bait al-'Izzah (QS. al-Buruj (85) : 21-22), sebelum diturunkan berangsur-angsur kepada Nabi Muhammad SAW melalui malaikat Jibril.


Wa Allah a'lam. Semoga di bulan Ramadhan ini, utamanya di sepuluh hari terakhir, kita bisa mendapatkan Lailah al-Qadar yang merupakan rahasia Allah SWT.


Categories:

    Tegal | Hari ini